Senin, 06 Februari 2012

PERBEDAAN CARA REPRODUKSI TUMBUHAN LUMUT, PAKU, DAN BERBIJI



Ø  Cara reproduksi tumbuhan lumut:
Reproduksi lumut bergantian antara seksual dengan aseksualnya, reproduksi aseksualnya dengan spora haploid yang dibentuk dalam sporofit, sedangkan reproduksi seksualnya dengan membentuk gamet – gamet, baik gamet jantan maupun gamet betina yang dibentuk dalam gametofit. Ada 2 macam gametangium , yaitu sebagai berikut:
    1. Arkegonium adalah gametangium betina yang bentuknya seperti botol dengan bagian lebar yang disebut perut, bagian yang sempit disebut leher.
    2. Anteredium adalah gametangium jantan yang berbentuk bulat seperti gada. Dinding anteredium terdiri dari selapis sel sel yang mandul dan didalamnya terdapat sejumlah sel induk spermatozoid.
       Reproduksi aseksual dan seksual berlangsung secara bergantian melalui suatu pergiliran keturunan yang disebut metagenesis.
     Jika anteredium dan arkegonium berada dalam satu individu, tumbuhan lumut disebut berumah satu (monoesis) dan jika dalam satu individu hanya terdapat anteredium atau arkegonium saja disebut berumah dua (diesis).


Ø  Cara reproduksi tumbuhan paku

Reproduksi tumbuhan paku berlangsung secara metagenesis. Reproduksi vegetatif dengan spora haploid (n) yang dihasilkan oleh tumbuhan paku. Jadi, tumbuhan paku merupakan tumbuhan dalam fase sporofit (penghasil spora). Reproduksi generatif terjadi melalui peleburan antara spermatozoid dan ovum yang dihasilkan oleh protalium. Jadi, protalium yang berbentuk talus merupakan fase gametofit (penghasil gamet).

Ø  Cara reproduksi tumbuhan berbiji
a. Reproduksi Vegetatif
Merupakan cara reproduksi tanpa melibatkan gamet jantan dan gamet betina. Reproduksi vegetative dapat terjadi secara alami atau buatan

Reproduksi Vegetatif Alami
Reproduksi Vegetatif Buatan
           Rizom (rimpang/akar tunggal)
1.  Mencangkok
          Stolon (geragih)
2.  Menempel (okulasi)
           Umbi Lapis (bulbus)
3.  Menyambung
           Tunas
4.  Menyetek
           Umbi Batang
5.  Merunduk
            Kormus
6.  Kultur Jaringan

b. Reproduksi Generatif
Merupakan cara reproduksi yang melibatkan gamet jantan dan gamet betina yaitu penyerbukan.

Penyerbukan berdasakan asal serbuk sari
Penyerbukan berdasarkan factor yang membantu
1. Autogami
1. Anemogami
2. Kleistogami
2. Hidrogami
3. Geitongami
3. Zoidiogami
4. Aloami (xenogami)
5. Bastar (hibridogami)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar